Senin, 17 November 2014

MODIFIKASI RINGAN ALA KADAR TVS APACHE RTR 160

Setiap biker pasti mempunyai keinginan untuk menampilkan perbedaan dari tunggangaanya masing2 yg berbeda dari yg lain. Soo,,,, untuk menampilkan perbedaan tersebut pastinya dengan cara proses modifikasi tooh... Menurut saya, Proses modifikasi ada 2, yaitu : modifikasi tampilan (body) dan modifikasi di mesin (akselerasi). Banyak juga dari kalangan biker’s yg mengurungkan keinginannya untuk melakukan modifikasi. Alasan utama yaa paasti karna biaya yang akan dikeluarkan. Untuk memodifikasi pun kita harus mengenal style2 ala modifikator antaralain : ada yang disebut extreme modifikasi, low rider, street fighter, ala motogp, drug race, modifikasi fungsional dan sebagainya.

Karna setiap biker mempunya keinginan tersebut, saya sendiri tergiur untuk menyulap si jantan merah saya. Untuk style yang saya terapkan pada modifikasi si jantan saya termasuk modifikasi ringan yang belum sepenuhnya menghilangkan wujud asli produkannya.

Mari di simak kulasan mengenai hasil modifikasi ala kadar si jantan merah saya....

Bagian pertama yang saya ubah, pada bagian ban. mengapa demikian??? Setelah menyimak tentang kilas balik produkan TVS Apache RTR 160, saya temukan bahwa ban pabrikan TVS tergolong dalam ban yang licin pada jalan yg basah. But, selama saya menggunakan ban IRC NR72 dibagian depan dan CORSA S123 di bagian belakang, saya pernah melewati tikungan patah pada kecepatan 80km/h dengan kondisi jalan habis diguyur hujan, tidak membuat motor tergelincir. Bayangkan jika kondisi jalan kering??? Sunggu lebih memuaskan berakselerasi di jalanan. Untuk ukuran bannya sendiri masih mengikuti standar pabrikan. Saya juga merubah warna asli dari velg TVS APACHE RTR 160 dari warna asli hitam jadi Merah ikut warna body standar.
Untuk setiap biker pasti memilih untuk mengganti system pembuangan (knalpot). Kenapaa?? Karna mereka ingin suara yang plong bukan suara pabrikan. Okee,, Bagian kedua yang saya ganti iyalah system pembuangan (knalpot), saya mengganti knalpot dengan knalpot buatan dari oom saya dimana bahannya terbuat dari stainless asli (no chroom) di dalamnya terdapat peredam agar tidak membahayakan ketika anak2 mendekat! Ujicoba telah di lakukan setelah perjalanan di lakukan kira2 50km saya genggam knalpotnya tidak terasa panas hanya hangat. Untuk tarikannya sendiri sangat sangat memuaskan. Bagi yang ingin mencoba silahkan kunjungi saya.. :D
Bagian ketiga yang saya ganti adalah headlamp, alasan saya mengganti headlamp bukan karna keinginan awal. Taapiii karna saya habis kecelakaan, dan disaat kecelakaan itu headlamp pabrikan tvs saya hancur terpecah2 sama sekali tidak bisa di pakai lagi. So, dari pada motor saya jalan tanpa kepala saya cocokan headlamp Ninja R ke bagian head nya. Hanya perlu sedikit olahan (tambahan plat) headlamp Ninja R terpasang manis di si jantan saya.
Untuk menyesuaikan tampilan headlamp dengan body TVS Apache RTR 160 saya, saya juga turut menggantikan spakbor depan TVS saya dengan spakbor Ninja. So, jika di lihat dari depan itu motor enggak kelihatan motor TVS Apache melainkan bayangan Ninja R.. hahaha

Bagian terakhir yang saya lakukan pergantian adalah bagian dalam mesin motor saya, tujuannya selain untuk menambahkan performa pada akselerasi motor, saya menggantinya karna terjadi kerusakan pada piston akibat kurangnya perawatan awal saya (maklum sibuk kerja). Saya mengganti piston standar bawaan tvs yg berdiameter 0,62mm dengan piston kit tiger std berlabel Federal genuine part 0,63mm. Untuk menyesuaikan piston dengan blok nya di lakukan bore-up dan sedikit bubut di bagian kepala piston tiger tsb. Alhasil, performa dari 160cc nambah menjadi 167cc (kurang 3 agar nempuh 170 cc) tunggu bore-up selanjutnya, di padu dengan knalpot yg saya jelaskan di atas tarikan nya menjadi enteng, larinya lumayan mampu meninggalkan yamaha v-xion. Wkwkwk

Demikian ulasan modifikasi ala kadar saya untuk saat ini!!! Next bakal mengganti spakbor belakang pabrikan tvs dengan spakbor x-ride dan kita lihat saja berikutnya.

PENAMPAKAN SI JANTAN MERAH



Oke, bagi kawan2 bikers yg ingin di sharing motornya yg sudah di modifikasi bisa kirimkan email ke : angga.ariska8@gmail.com dan melakukan konfirmasi melalui sms : 082167314236 (angga). Email berupa format ms.word dan berupa foto serta detail penjelasan modifikai.

Trims...
SALAM TVS TANAH RENCONG (TMCTR)!!

1 komentar: